Rabu, 11 Februari 2015

Ekspedisi Gunung Tandikek Sumatera Barat



Gunung Tandikek salah satu gunung yang ada di dataran tinggi Minangkabau, kira-kira 7,5 km dari kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Gunung Tandikek juga merupakan bagian dari 3 gunung di Minangkabau yang dikenal dengan puncak-puncak Tri Arga yaitu Singgalang, Merapi dan Tandikek. Meski Gunung Tandikek kurang populer di kalangan para pendaki, tetapi ini dianggap sebagai nilai lebih. Suasana yang alami dan jarang dijamah menjadikannya berbeda dengan kedua puncak gunung yang lain.

Suasana yang masih alami

Hangatnya mentari pagi menyinari kami disela- sela pepohonan yang rindang.

Kawah diambil dari puncak
Tim ekspedisi sedang menikmati pemandangan puncak
Gunung Tandikek mempunyai pemandangan yang sangat indah sebagaimana layaknya sebuah gunung api, dan dapat dijadikan objek tujuan wisata yang hangat dan menyenangkan. Puncak gunung Tandikek merupakan sebuah kenikmatan bagi para pendaki, namun kenikmatan tidak sampai disini saja, kita masih dapat menikmati kawah Gunung Tandikek yang suaranya seolah-olah menyambut kedatangan kita.

Sarapan Pagi dengan bubur kacang hijau
Kita bisa menuruni kawah gunung yang ada di dasarnya terdapat beberapa lubang kecil yang mengeluarkan asap belerang serta bunyi menderu. Dasar kawah ini cukup luas. Untuk menuju ke kawah kita harus sangat berhati- hati karena kemiringan mencapai enam puluh derajat, dengan tanah khas cadas yang rapuh. Di sinilah kita merasakan sebuah kehangatan dan kenikmatan baru. Kawah Tandikek berkontur datar berbentuk sumur (bundar) berdiameter kurang lebih 50 meter. Masih ada yang menarik dari kawah ini terdapat sebuah gua dan juga terdapat telaga kecil. 

Telaga kecil di kawah 


Tim Ekspedisi
Akses menuju Gunung Tandikek, dari Padang kita dapat menaiki bus atau travel jurusan Padang – Bukittinggi. Kemudian turun di Simpang Lubuak Mato Kuciang. Dari Simpang Lubuak Mato Kuciang, kita menuju Desa Singgalang. Untuk menuju Desa Singgalang kita dapat menggunakan angkot atau ojek. Dari Lubuak mato Kuciang menuju Desa Singgalang mengabiskan waktu kurang lebih 20 menit dengan track menanjak dan berliku, Di desa ini kita melakukan registrasi pendakian untuk mencegah kemungkinan terburuk jika pendaki hilang atau belum kembali pada waktu yang ditentukan.



1 komentar:

  1. Jalan mndaki gnungnya udh ada bg?
    Dri organisasi pencinta alam mana bg?
    Uda ada mksudnya kayak di singgalang/ merapi gk sulit nentuin jalannya.... skian bg thx

    BalasHapus